Cerita Backpacker

iklan

Tiga Hari di Berastagi

Nah kali ini gua mau berbagi tempat wisata yang belum banyak orang pada tau, Berastagi men, BERASTAGI..!

Berastagi adalah sebuah kecamatan di Kabupaten Karo, Sumatera Utara.
Berastagi merupakan objek wisata di dataran tinggi Karo. Berastagi berjarak sekitar 66 kilometer dari Kota Medan. Berastagi diapit oleh 2 gunung berapi aktif yaitu Gunung Sibayak dan Gunung Sinabung.

Di kota ini di tempati suku BatakKaro, Batak karo adalah salah satu suku Batak.
jadi kalau lo pengen tau tentang suku suku di Indonesia, ikut dengan ku
JELAJAHI INDONESIA.
Setelah kita sampai di kota Medan kita harus menempuh waktu 2 jam untuk sampai ke kota kecil ini.
kota kecil yang sangat dingin, kalau ke sini jangan lupa bawa jaket yang tebal ya, karena kita akan berada di gunung yang di atas nya ada gunung lagi. Pada bingung kan?
udah, bawa aja jaketnya.!
Setelah baru nyampe di sana, gua milih istirahat dulu setelah perjalanan panjang.
Sebagai backpacker sejati, cie elah, pake kata sejati segala, baru nempuh perjalanan gitu aja udah cape. Haha
 Setelah sampai di Berastagi ada baiknya kita mencari penginapan yang tidak terlalu mahal, saya memilih penginapan di tengah kota kecil ini agar tidak sulit akses ke tempat yang diinginkan, seperti minimart atau counter celluler buat isi pulsa hape, apalagi quota internet. Heheh. Ga enak juga kalau udah cape cape foto tapi ga ada quota buat upload ya kan?
Dan gua memilih penginapan yang ada di dekat salah satu tugu, yang namanya wisma Sibayak. Maksud gua nama tugunya tugu kol, ia tugu kol, soalnya tugunya itu berbentuk sebuah sayur kol.
Kata orang sekitar sih ini di buat melambangkan kota ini adalah salah satu tempat penghasil sayur mayur terbesar. Ini nih aku kasi fotonya.

oia kembali kepinginapan, jadi tempatnya penginapannya tidak jauh, tepat berada di tengahkota.
kalau soal harga jangan Tanya, ini murah men, Cuma 50ribu samapi 70 ribu men, tergantung season. Kalau ramai pasti agak dinaikin. :D
Tapi lumayan bisa ngurangi pengeluaran, sisanya bisa buat liburan selanjutnya.

Ini ni penginapan nya yang gua bilang. keren kan?
masi ga kalah ama hotel yang mahal tu. :D

Suara kicauan burung dan sinar hangat matahari membangunkan aku di pagi hari,
sebelum aku berangkat ke objek wisatanya aku memilih cari sarapan dulu, setelah sarapan aku berangkat ke tempat wisata yang wajib di kunjungin di sini “Bukit Gundaling”

bukit gundaling adalah salah satu tempat yang sangat segar menurut gua, sambil menikamti pemadangan kota dari atas bukit, aku memilih duduk di salah satu cafe, dan memesan cappuchino hangat, karna di sini dinginnya kelewatan.
setelah beradaptasi dengan cuaca, aku berkeliling bukit dengan Kuda, di sini kita bisa mengelilingi bukit dengan menyewa kuda, Cuma 70ribu kok kamu udah puas di bawa lari lari sama kuda yang gagah.

Setelah dari bukit gundaling, matahari semakin mendekati barat, aku memilih balik ke penginapan. Dan bersiap-siap menuju destinasi yang lainnya, kali ini gua memlilih pemandian air panas di kaki gunung sibayak.
jarak yang harus aku tempuh untuk sampai ke tempat ini sekitar 30 menit dengan menggunakn mobil.

Di sana kita bisa mandi di kolam yang panas, karena air nya masi alami dari belerang.
lumayan murah, tiket masuk Cuma 6000 /orang.
sanagat disayangkan kalau kita tidak kesini, apalagi di sanakan dingin, sangat passss dah.
Satu hari berlalu,
di hari yanag kedua gua siap-siap packing, peralatan tempur udah gua siapin di dalam carrier.
kali ini gua ke gunung sibayak.
jangan lupa untuk membawa stock makanan, karena sangat enak melewati malam disini.
kalau punya peralatan masak ala anak alam sih lebih bagus lagi.
bisa buat kopi. heheh

Gunung Sibayak

adalah sebuah gunung yang menghadap ke kota Berastagi di Sumatera Utara. Orang suku Karo menyebut gunung Sibayak dengan sebutuan "gunung Raja". Gunung Sibayak merupakan gunung berapi dan meletus terakhir tahun 1881. Gunung ini berada di sekitar 50 kilometer barat daya Kota Medan.
Gua milih dari desa jaranguda, Track yang gua lewati tidak terlalu sulit, karena setengah dari jalan menuju puncak sudah di aspal. Jadi tidak terlalu sulit untuk sampai ke puncak.
Gua sampai di puncak sekitar pukul 6 sore, sampai di puncak gua siap-siap masang tenda, setelah semua telah siap, baru saatnya seduh kopi di tengah dinginnya cuaca. Heheh

lu ga akan pernah nyesal men, dari puncak ini lu bisa liat kelap kelip kota medan yang sangat besar, gila indah banget men.
Hari semakin gelap, udara semakin dingin, saatnya tidur..ZzZ
pagi kembali dating dengan hangat, sunrise yang gua liat kali ini sesuai dengan harapan men.
sambil sarapan dan menikmati hangat nya sinar mentari hangat di hati, ditemani kopi hangat di tangan.
Setelah berkeliling buat mengabadika momen, gua harus melangkah lagi.
saatnya turun men...!
tapi ingat jangan sampai ada sampah yanag ketinggalan.

aduuhhh,
dua jam perjalanan turun gunung cukup lelah juga bro, badan mulai tua soalnya.
hahah
setelah sampai di penginapan, tanpa banyak Tanya, gua langusung masuk ke kamar mandi, basuh sedikit yang kotor dan abis itu tiduuuuurrrrr...!!

Nah, masuk hari ke 3.
hari terahir gua di kota ini, sebenarnya masi banyak spot yang belum gua jalanin, tapi waktu gua tidak cukup. Tapi tak apalah di lain waktu gua pasti balik lagi menyelesaikan perjalanan gua di kota ini.
uppss tapi sebelum gua pulang gua mau duduk santai dulu di tengah hamparan rumput luas.

Bukit kubu, ini salah satu spot yang sering di kunjungi oleh orang orang,
bukit kubu terletak di desa peceren.
kalu dari kota medan, kita terlebih dahulu mendapat spot ini baru sampai ke kota kecil Berastagi.
Di sini banyak orang yang berkumpul sambil berlari lari, berkumpul dengan keluarga,
anak anak bermain layangan.
kali ini liburan benar benar asikkk.

Sebelum pulang aku lebih baik membeli oleh-oleh sebelum orang di rumah gua pada marah.
Setelah gua dari Bukit kubu, gua mampir dulu ke pasar buah, di sana banyak menjual buah yang super duper segar.
dari buah jeruk, apel, strawberry, hampir semua jenis buah bisa kita jumpa disini.
dan di pasar ini juga kita bisa membeli souvenir buat oleh oleh.
pas banget buat dikunjungi sebelum pulang ke rumah tercinta.:)

Dan dari berastagi sangat dekat dengan Danau toba.
dan masi banyak lagi, bahkan yang lebih spektakuler, maaf aku ga sempat kunjungin karena waktu terbatas.

Mungkin di jalan-jalan yang selanjutnya gua akan ke berastagi lagi untuk melanjutkan megunjungi spot lainnya.dan tempat berkumpul keluarga yang asik:
  • Mickey hollyday
  • Pagoda (lumbini)
  • Tahura (Taman Hutan Raya)
  • dan masi banyak lagi.
    di jalan jalan berastagi part 2 akan gua telusuri lagi lebih dalam.
    hahah :D
thanks buat kunjungannnya
semoga artikel ini bisa membantu liburan kamu.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Tiga Hari di Berastagi"