Cerita Backpacker

iklan

Travelling Yogya-Malang-Bali

Travelling Yogyakarta-Malang-Bali.

Sekarang gua mau cerita travelling keliling Jawa sampai Bali ala backpacker.
tapi apa sih backpacker itu?
Backpacker itu berkelilin dan berpetualang dengan biaya yang murah/minim. Pendapat lain menyatakan bahwa backpacker juga bisa berarti suatu perjalanan internasional secara independent. Menjadi backpacker juga diidentikkan dengan melakukan pengembaraan. Backpacker sekarang sudah menjadi sebuah  trend, terutama ketika orang mulai memilih melakukan petualangan serba sendirian atau melakukan perjalanan dengan biaya yang sangat murah. Ketika orang sudah mulai menyadari bahwa bepergian tidak  lagi harus dengan biaya yang mahal.  Dari sini kemudian berkembang beberapa istilah baru seperti flashpacking, campervan, dll.
                Oke, cukup dulu penjelasan tentang backpacker, kalau mau lebih jelasnya lagi klik disini.
nah gua mau cerita tentang perjalan gua selama beberapa hari travelling ke jogja, malang, dan bali.
kalu pengen berpergian dengan dana yang sangat minimal, gua saranin travelling dengan ala backpacker.
Malam sebemum hari keberangkatan yang paling penting yaitu packing peralatan, dan minta izin kepada orang tua.
setelah semuanya selesai, saatnya istirahat dan menunggu pagi hari kembali lagi dan berangkat.

langkah pertama gua mulai dari setasiun senen Jakarta, gua berangkat pukul 11:30 dan melakukan perjalanan hampir 9 jam, dan selama perjalanan lu jangan sampai gunain Cuma buat tidur aja men, bnyak yang bisa lo lakuin di dalam gerbong, melihat pemandangan selama perjalanan, mengambil foto atau video buat dokumen perjalanan, oia satu lagi jangan lupa dengerin music.
Pukul 19:50 gua nyampe di stasiun Lempuyangan Jogja.

Gua melanjutkan perjalanan ke jalan malioboro untuk memesan penginapan. Jarak dari lempuyangan ke malioboro ga jauh kok, Cuma 20 menit kalu jalan kaki. Tapi kalu udah terlalu lelah lu bisa naik becak kok. Biaya naik becak sekitar 10rb. Tapi kali ini gua memilih jalan kaki bro.

Nah kalau masalah penginapan, Banyak sekali penginapan di Jogja, mulai dari kelas resort dan hotel yang mahal sampai yang murah pun banyak. Untuk para backpacker, biasanya banyak sekali penginapan-penginapan yang harganya dibawah Rp 200.000. Daerah pertama yang terdapat banyak penginapan murah yaitu di Jl. Sosrowijayan. Jalan ini terdapat di sebelah Jl. Malioboro, selain harganya yang murah, lokasi yang dekat dengan pusat keramaian menjadi daerah ini sering dijadikan wisatawan untuk menginap. Bahkan banyak homestay disini yang harganya dibawah Rp 100.000, tergantung negosiasi dan fasilitas yang disediakan juga. Tapi saran gua yang murah aja, jangan terlalu terlena dengan fasilitas, ingat perjalanan kita masi jauh lho. hahah :D

setelah malam datang gua mutusin jalan di sekitaran jln malioboro, di sana bnyak anak anak nongkrong. Warung kopi di pinggir jalan, kan asik kalau menikamati kota jogja dengan segelas kopi hanget.
larut malam gua balik ke penginapan buat istirahat, karena paginya gua mau pergi ke salah satu candi yang bagus jogja.

Candi prambanan (Yogya)

Pagi hari kembali datang, gua kali ini ingin ke candi prambanan naik trans Jogja, dan gua saranin lu harus packing malam sebelum berangkat ke candy, soalnya dari penginapan kita harus berangkat sebelum jam 7 ke jalan malioboro. Di jalan Malioboro ada 3 halte dan bus akan datang pukul 7:30 pagi.
Setelah perjalanan naik bus selama kurang lebih satu jam, gua tiba di halte bus Prambanan. Dari halte tersebut untuk mencapai tempat wisata Candi Prambanan dibutuhkan waktu sekitar 10 menit kalau berjalan kaki.
dan akhirnya kita sampai di candi, jangan lupa santai dulu, abadiin momen :D

tapi jangan lama-lama, ingat perjalanan kita masih jauh, dan siang harinya gua langsung kembali kepenginapan untuk packing, karena pukul 07 malam gua harus berangkat ke stasiun tugu, kereta berangkat pukul 08 ke malang. Dan waktu yang harus di tempuh untuk sampai ke malang hampir 9 jam perjalanan. Nah itu lu bisa gunain buat istirahat.

Malang.

Pukul 15:30 gua sampai di tasiun malang, kayaknya gua harus cari tempat makan dulu, soalnya kali ini gua lapar banget.
Setiba di Stasiun Kota Malang, lanjutkan perjalanan menuju Terminal Arjosari. Untuk bisa tiba di Arjosari cari angkutan umum Suzuki Carry berwarna biru seri AL dengan garis merah-putih. Alternatif lain cari angkutan umum seri ADL/GH/HA/AMG yang penting ada huruf A nya. Huruf A menandakan bahwa angkutan itu akan ke Arjosari. Tarif angkutan umum ini Rp.4.000,-. Tips penting saat keluar stasiun: jangan pasang tampang bingung! Jalan santai dengan tegap, gagah berani. Jika Anda terlihat bingung, Anda akan menjadi santapan supir taksi tanpa argo atau calo lainnya.
Setibanya di Terminal Arjosari, Malang kita harus melanjutkan perjalanan menuju Terminal Bayuangga, Probolinggo. Ada beberapa bus yang dapat menjadi alternatif pilihan, diantaranya Bus AKAS dan LADJU tujuan Probolinggo/Jember/Banyuwangi. Tips dalam memilih bus, kalau bisa cari yang PATAS AC. Tarif bus PATAS AC hanya Rp.30.000,- sedangkan tarif bus Ekonomi Rp.18.000,-. Meski sedikit lebih mahal, bus PATAS lebih menguntungkan dari sisi waktu tempuh. Perjalanan pun terasa lebih nyaman karena bus tidak sibuk nyari penumpang lagi di jalan. Jika lancar, perjalanan menuju Terminal Bayuangga, Probolinggo hanya membutuhkan waktu tempuh 2 jam.
Setibanya di Terminal Bayuangga, Probolinggo, perjalanan dilanjutkan menuju Cemoro Lawang dengan kendaraan umum ELF. Dan setelah sampai di cemoro lo bisa memilih penginapan, karena di sini sudah banyak penginapan atau homestay yang sangat terjangkau buat backpacker.

Gunung Bromo (Malang)

Pagi hari dari penginapan, kita bisa menggunakan sewa jeep untuk sampai penanjakan, tapi gua kayaknya jalan aja deh. J
sumpah kali ini suasana pecah banget, ini benar benar ciptaan tuhan yang sangat indah, gunung dan kawah yang sangat sangat menakjubkan. Dengan udara yang sangat dingin.
di sini lu bisa naik tangga dengan menaiki kuda, tapi tergantung lu juga sih, kalu budget lu cukup bisa aja lu naik kuda gua jalan aj gapapa kok. Hahah
Dan setelah bermalam di sana dan setelah puas melihat ciptaan Tuhan yang sangat Luar biasa, keesokan pagianya gua harus kembali menopang tas carrier ku yang tak seberapa ini untuk samapi di pulau Dewata.

Jika pilihannya adalah bis atau travel maka anda bisa langsung membeli tiket Malang-Denpasar tapi kalau dengan Kereta Api maka anda hanya bisa sampai di Stasiun Banyuwangi Baru kemudian melanjutkan perjalanan bisa dengan bis Jember-Denpasar yang biasanya mangkal di dekat stasiun atau anda bisa menyebrang terlebih dahulu melalui pelabuhan ketapang.
Jarak antara Stasiun Banyuwangi Baru ke Pelabuhan Ketapang cukup dekat mungkin sekitar kurang lebih 500 meter, anda bisa naik becak dengan tarif tidak lebih dari Rp. 8000 atau anda bisa berjalan kaki sambil melemaskan otot kaki setelah berada di kereta berlama-lama. untuk tarif penyebrangan tidak lebih dari Rp. 15000 per orang. Sesampaikan di Pelabuhan Gilimanuk anda masih harus berjalan kaki kurang lebih 500 meter untuk sampai di Terminal Bis Gilimanuk ada juga kok tukang ojek jika anda merasa capek. sebelum anda sampai di Terminal Gilimanuk anda akan melewati loket untuk pemeriksaan KTP, jadi saya sarankan jangan lupa mempersiapkan KTP sebelum memasuki Bali. Sesampaikan di Terminal Gilimanuk carilah bis menuju Denpasar, karena di Terminal ini selain Bis Tujuan Denpasar, ada juga bis menuju Singaraja, Tabanan dan beberapa Kota di Bali. Perjalanan dari Terminal Gilimanuk menuju Denpasar ditempuh kurang lebih 3 jam, cukup waktu untuk bisa beristirahat sejenak. Di Denpasar anda akan turun di Terminal Ubung sampailah anda di Kota Denpasar. selanjutnya anda bisa naik ojek menuju penginapan yang anda inginkan.

Dan sampailah kita di BALI

Dan gua memilih ke daerah Jimbaran dengan menggunakan ijek online, kenapa gua memilih ke daerah Jimbaran? Karena menurut gua di sana lebih banyak spot pantai yang sangat bagus dan beberapa pantai di sana masi sep[i belum ramai pengunjung, jadi sangat pas kalu kita ingin memnjakan diri di tepi pantai.
di postingan gua sekanjutnya gua akan bahas apa-apa aja yang ada di Nusa dua dan Jimbaran Bali.
dan pantai apa aja yang sangat menarik buat di kunjungi di sana.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Travelling Yogya-Malang-Bali"