Cerita Backpacker

iklan

Memilih Tenda Kemping





tenda kemping

Tenda adalah salah satu yang paling penting kalau ingin naik gunung, kecuali kalian ga nginap.
karena tenda sangat berperan penting, apa lagi di atas gunung, kita ga tau kapan datang hujan, karena lu bukan peramal cuaca. :D
nah, sebelum mendaki gunung, gua mau jelasin tenda apa saja yang cocok kamu bawa ketika hendak mendaki gunung.
karena ada beberapa yang perlu kamu kehahui sebelum memilih tenda yang tepat untuk di bawa atau di beli.

1.       Kapasitas
sebelum membeli atau membawa tenda, ada baiknya pastikan tenda berkapasitas berapa, jangan sampai terlalu kecil untuk menampung teman teman sekalian.
dan jangan terlalu besar, karena sangat merugikan, sudah memakan tempat, berat, tapi ga sepenuhnya di pakai kan.
jadi pilihlah tenda yang sesuai dengan kebutuhan kita saat ingin kemping.

2.       Tinggi tenda
saat ingin memilih tenda, lu juga harus tau, ketinggian tenda juga sangat berpengaruh bagi keamanan, karena saat berpergian ke tempat yang tinggi ada baik nya anda memilih tenda yang agak rendah, atau di bawah 1m. Karena dapat meminimalisir tekanan udara yang kencang di permukaan yang tinggi.
dan berbeda halnya jika kita kemping di dataran yang renda, ada baiknya lu memilih tenda yang lebih tinggi.

3.       Bahan tenda
memilih bahan tenda yang baik harus kuta perhatikan, dan bahan yang menurut yang gua lebih bagus sisi luar nya  adalah yang terbuat dari Nilon, jangan pernah memilih tenda yang terbuat dari bahan katun.
Tapi pada bagian dalam tenda ada baiknya kamu memilih yang dilapisi dengan katu.
Karena ini dapat meminilasir angin yang masuk ke dalam tenda, apa lagi embun yang dapat menembus tenda. Dan kamu tidak terlalu merasakan dingin.

4
.       Bentuk tenda
Sebelum memilih tenda, memilih bentuk tenda juga sangat penting. Dan hindari tenda yang bagian nya mempunyai bagian yang menganga, karena ini bisa jadi santapan angin kencang, dan kemungkinan besar tenda lu bakal terbang. Lu ga mau kan di bawa tenda saat masi tertidur? :D
dan hindari tenda yang berbentuk seperti ini ketika ke dataran tinggi.



5.       Bobot tenda
berat tenda sangat perlu di perhatikan, lebih ringan bobot tenda lu, semakin bagus.
kenapa? Karena dengan tenda yang ringan lu bakal lebih enak membawanya kan? Apa lagi jika lu pengen naik gunung, ga bagus banget, jika lu bawa tenda yang bobot nya lumayan berat, yang ada malah lu juga yang cape.

6.       Flysheet
pilihlah flysheet yang bisa menahan angin kencang, dan tahan dari air.
saat membuat flysheet menjadi lapisan tenda, yang perlu lu ketahui, jangan pasang flysheet terlalu dekat dengan tenda, kasi jarak sekitar satu jengkal dari permukaan tenda.
karena semakin dekat tenda dengan flysheet, semakin besar kemungkinan tenda ikut lelbab, ketika hujan datang, yang kena hujan pasti flysheet, tapi jika tenda dan flysheet bersentuhan, pasti tenda juga ukut basah, dan mungkin aja akan bocor.

7.       Jahitan pada tenda
pilihlah jahitan tenda yang kuat, dan perhatikan jahitan yang sudah dilapisi dengan plastic, karena itu mempunyai poin penting, karena air tidak dapat menembus dari bahan jahitan.


Nah itu lah beberapa tisp yang gua saranin kalau lu pengnen membeli tenda, jangan terlalu buru-buru, karena dengan buru-buru lu bakal dapat hasil yang kurang maksimal.
thanks udah mampir ya.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Memilih Tenda Kemping"

Post a Comment

My Instagram